Suatu poroses
penilaian kinerja organisasi dalam pencapaian sasaran dan tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya. Termasuk efisiensi terhadap penggunaan sumberdaya dalam
menghasilkan barang dan jasa, kualitas barang dan jasa, mengukur gap antara
hasil dan apa yang di inginkan, serta efektifitas pencapaian tujuan (Robertson,
2002).
Pengukuran
kinerja merupakan metode untuk menilai pencapaian pelaksanaan terhadap tujuan,
sasaran, dan strategi yang telah dibuat sebelumnya. Sehingga dapat di lihat
pencapaian apa yang telah dibuat oleh organisasi dan meningkatnya kualitas
pengambilan keputusan dan akuntabilitas manajer.
Pengukuran memiliki beberapa
elemen antara lain:
1.
Menetapkan tujuan, sasaran, dan strategi
2.
Merumuskan indicator dan ukuran kinerja
3.
Mengukur tingkat ketercapaian tujuan, sasaran,
dan strategi organisasi
4.
Evaluasi
Pengukuran kinerja memiliki
beberapa tujuan antara lain:
1. Strategis
2. Administrative
3. Informational
4. Pengembangan
(developmental)
5. Merawat
organisasi (organitational maintain)
6. dokumentasi
0 komentar:
Posting Komentar